Budidaya Ikan Guppy

Ikan Guppy, bagi kalangan pecinta ikan hias, ikan ini sudah tak asing lagi. Ikan ini terkenal karena warna dan ekornya nya yg cantik, ditambah harganya yg tergolong murah. Ikan ini juga biasa digunakan sebagai pemakan jentik nyamuk atau lumut/jamur di Aquarium.

Harga Ikan ini di Pasaran tergantung dengan jenis dan keindahannya. Semakin bagus warna dan motifnya, semakin mahal pula harga nya. Itulah yg menyebabkan banyak orang yg ingn membudidaya ikan ini. Tapi banyak juga org yg tidak ingin membudidayakan ubuh yg ramping juga ikan ini, malah ia memiliki Guppy yg terlalu banyak. Itu dikarenakan ikan guppy tergolong ikan Livebearer (telur menetas didalam,dan yg keluar langsung berupa anak ikan), dan ikan yg tergolong sangat mudah untuk dikembang biakan.

Ikan yg tergolong Livebearer adalah ; Ikan Guppy,Molly,Platy, dan Swordtail. Tetapi kali ini kita hanya akan membahas Ikan Guppy saja. Untuk budidaya ikan Livebearer lainnnya, caranya sama dengan Ikan Guppy ini
Ok,silahkan lihat gambar dibawah:

MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN IKAN GUPPY/LIVEBEARER
Membedakan Jenis Kelamin ikan ini sangat lah mudah, karena dpt dilihat secara kasat mata.
Ikan Jantan memliki warna yg lebih cerah,perut yg ramping (relatif) dan ekor yg lebih cantik.
Cara diatas tidak bisa dipakai sebagai patokan menurut saya, karena cerahnya warna ikan tergantung dari pakan, tubuh yg ramping juga tergantung dari pakan kita. Kalau kita memberikan makan ikan kita dgn makanan yg tidak mencerahkan warna dan diberikan dlm jumlah yg banyak, hasilnya ya Ikan tersebut akan gendut dan warnanya pudar.

Cara yg lebih gampang dan jelas menurut saya adalah Ikan jantang memiliki Gonopodium atau Tonjolan berupa sirip di belakang anusnya, sedangkan yg betina hanya sirip bundar biasa.
















Maaf Gambar Google,tapi saya Edit sedikit lah ^ ^


















Sudah jelas kan??

Sekarang,
CARA BUDIDAYA IKAN LIVEBEARER

  • Siapkan Indukan yg siap kawin. Untuk umur, saya tidk begitu tau, karena saya pakai cara kira kira. Kalau ukuran badannya tambah besar berarti siap.
  • Siapkan tempat untuk pemijahan,bisa berupa Aquarium atau Kolam, dan ingat memsang Filter.
  • Isi bak sesuai keinginan anda. Jika ingin keturunan yg banyak sekaligus, taruh misalnya 8 psang sekaligus. Tetapi jika ingin jenis yg spesifik, bisa pakai  sepasang saja.
  • Kira Kira 2 hari , Ikan Betina akan Hamil. Beri makan seperti biasa sampai 1 bulan. Setelah 1 bulan, anak ikan akan menetas dan keluar dari perut induknya. Lebih baik dipisah dgn jantannya, karena jantan biasanya memakan anaknya sendiri.
MEMELIHARA ANAK IKAN YG BARU MENETAS

  • Saat baru keluar, jgn diberi makan apapun, karena ia masih punya cadangan makanan di tubuhnya.
  • Setelah seminggu lebih, beri makan anak ikan dgn Kuning telur rebus yg dihancurkan.
  • Bila Anak Ikan sudah agak besar (2-4 cm) bisa diberi pakan pelet yg halus, dan cacing sutra
  • Setelah mencapai ukuran 5 cm keatas, bisa diberi makan seperti ikan dewasa lainnya.

Sekian dari Post saya kali ini, jika ada masalh, silahkan Comment dibawah

                   Jenis Ikan Untuk Aquascape
                   Aquascape Sederhana

Komentar

Postingan Populer