Ikan Predator untuk Aquascape

Aquascape umunya dihuni oleh ikan ikan pendamai yg cantik, seperti Jenis jenis Tetra,Barb,Discuss,dll. Namun bagi beberapa kalangan orang, khususnya pecinta ikan ikan Predator, Aquascape yg bagus adalah Aquascape yg berisi ikan Predator, dan menampilkan kesan seram, liar serta bergaya Hutan atau Natural.

Memasukan Ikan Predator ke dalam Aquascape sebenarnya boleh boleh saja, akan tetapi perlu diperhatikan beberapa hal penting, agar tidak merusak Aquascape anda nantinya, diantaranya :


  • Usahakan Ikan Predator yg akan anda masukan ke Aquascape bukan tipe ikan yg suka menggali Subtrate. Namun jika hanya menggali sebatas mencari makanan dan tidak menghaburkan pasir yg banyak, ikan tersebut masih boleh ditaruh di Aquascape.
  • Sesuaikan Ukuran ikan dengan ukuran Aquarium anda. Jika misalkan Ikan nya terlalu besar, dan Aquariumnya agak kecil, saat ikan berenang sudah pasti tanaman dan subtrate anda rusak akibat kibasan ekor dan lingkungan berenang yg sempit.
  • Untuk Ikan yg suka Melompat dan Nokturnal seperti kalangan Catfish, ingatlah pasang jaring jaring diatas Aquarium anda, dan memasang batu ataupun kayu di dalam Aquarium. Karena saat lampu Aquascape dinyalakan Ikan tersebut akan bingung dan gelisah (untuk ikan yg baru beli,atau dalam keadaan Stress) dan Fungsi dari Batu dan Kayu tsb adalah sebagai tempat persembunyiannya. Jika tidak ada tempat bersembunyi, biasanya Ikan akan frutasi dan "menggila", dengan melompat lompat dan berenang tak teratur mencari tempat sembunyi. Nantinya Ikan tersebut akan terbiasa dengan Cahaya Lampu  sendirinya. 
  • Tanaman jangan terlalu rimbun karena ditakutkan Ikan Lepas kendali dan merusak tanaman yg  rimbun tersebut. Dijamin dah pemilik bakal nangis, karena susah susah ngerimbunin tanaman nyampe makan waktu berbulan bulan,eh malah dirusak ma Ikan dengan waktu yg singkat. Hahaha :D
  • Masukan Ikan jika Aquascape sudah berumur kurang lebih 1 bulan, agar akar terpasang kuat,dan tidak mudah lepas saat Ikan berenang. 
Kira kira hanya hal itu yg harus diperhatikan dalam Aquascape ikan Predator. 
Nah untuk Jenis Ikan Predator nya sebetulnya Ikan apa saja bisa kecuali yg suka menggali subtarte dan merusak tanaman, dan baiknya ukurannya jangan yg Monster. Pakai saja Ikan dengan Ukuran yg kecil atau medium, seperti yg dijelaskan diatas.



Untuk Aquascape saya, saya memakai Ikan Palmas sebagai predatornya, dan saya gabung dengan ikan ikan lainya seperti Lemon, Black ghost dll. Sampe sekarang blm pernah berantem mereka :)

Oke sekian dari Post saya kali ini, jika ada maslah silahkan Coment Dibawah,..
Terima Kasih 

Komentar

  1. Palmas juga saya jadikan icon di aquascape, ekosistemnya di huni oleh palmas, blue ramirez, spat biru, dan si culun manfish semua damai aja :). Untuk alga eaternya aku cemplungin keong turbo dan trompet

    BalasHapus
  2. Hati" bro black ghost gua dimakan leher nya 2 lagi sama palmas padahal ukuran nya sama tapi yang dimakan hanya leher nya saja setengah abis .
    Sedih gua wkwkwk .

    BalasHapus
  3. bang ikan lemonnya gak makan tumbuhan ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentar lah yg sopan :)

Postingan Populer